
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional 2024 dengan mengusung tema “Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Artificial Intelligence dengan Kerangka Kerja TPACK”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 April 2024, bertempat di Swiss-Belhotel Palu, Sulawesi Tengah.
Seminar nasional ini menghadirkan lima narasumber dari berbagai perguruan tinggi. Dua narasumber utama (keynote speaker) yaitu Ibu Prof. Rooselyna Ekawati, Ph.D dari Universitas Negeri Surabaya, dan Bapak Prof. Dr. Achmad Buchori, S.Pd., M.Pd. dari Universitas PGRI Semarang yang memberikan materi secara daring.


Selain itu, hadir pula tiga pembicara undangan (invited speaker), yaitu: Bapak Prof. Junaidi, M.Si., Ph.D; Bapak Bakri Mallo, S.Pd., M.Si; dan Bapak Drs. Gandung Sugita, M.Si; dimana ketiganya merupakan dosen Universitas Tadulako
Peserta seminar terdiri dari kalangan dosen dan mahasiswa, yang mengikuti kegiatan ini secara luring di lokasi acara dan secara daring melalui platform Zoom Meeting serta kanal YouTube resmi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAD yaitu Mathematics Education Universitas Tadulako

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan oleh: Ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Bapak Dr. Pathudin, S.Pd., M.Si., dan Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Ibu Dra. Anggraini, M.Si. Kemudian sambutan ketiga oleh Dekan FKIP, Bapak Dr. Ir. Amiruddin Kade, S.Pd., M.Si., yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan Seminar Nasional kali ini.

Setelah sesi pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Seminar ditutup dengan penyerahan sertifikat secara resmi kepada seluruh narasumber sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka dalam kegiatan ini, serta sesi foto bersama.
Melalui pelaksanaan seminar ini, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAD berharap dapat memperluas wawasan akademik sivitas kampus serta mendorong pemanfaatan teknologi, khususnya Artificial Intelligence, dalam proses pembelajaran berbasis konstruktivisme dengan pendekatan TPACK sebagai kerangka pengembangan profesional guru dan dosen.

Comments are closed